TECHNOZZZZ

support me please....

Free Website Hosting

APA YANG LEBIH BAIK ??? 32 BIT / 64 BIT ??

Ketika akan mendownload aplikasi/software untuk Windows, terutama aplikasi yang buatan Microsoft sendiri, seperti: Internet Ekplorer (IE), Microsoft Security Essential (MSE) dsb. biasanya akan dihadapkan pada pilihan versi Windows yang digunakan, seperti Windows XP, Vista dan 7, juga pilihan edisi, seperti 32-bit atau 64-bit. Namun, rata-rata versi Windows yang kita gunakan tidak disertai keterangan, apakah edisi 32-bit atau 64-bit. Tentunya hal ini sangat membingungkan bukan?

Perbedaan 32-bit dan 64-bit pada dasarnya mengacu pada teknologi pemroses (processor) pada komputer mengenai bagaimana menangani informasi
.
Dengan kata lain, Windows 32-bit dan 64-bit mengacu pada kemampuan processor yang dapat menjalankan jenis Windows ini. Windows 64-bit hanya dapat diinstall pada komputer yang processornya yang sudah mempunyai kemampuan 64-bit dan Windows 32-bit dapat diinstall baik pada processor dengan kemampuan 32-bit maupun 64-bit.

Kemudian, perbedaan versi 32-bit dan 64-bit pada software/aplikasi Windows ini juga mengacu pada edisi Windows yang digunakan, apakah Windows 32-bit atau 64-bit. Software yang didesain untuk Windows 64-bit hanya bisa digunakan pada Windows 64-bit, sedangkan software yang didesain untuk Windows 32-bit masih mungkin bisa digunakan pada Windows 64-bit tetapi tidak berlaku untuk semua software. Dan pilihan yang tepat dalam memilih software adalah menyesuaikan dengan jenis Windows yang digunakan. Jika tanpa disertai keterangan atau informasi untuk 32-bit atau 64-bit, umumnya software yang beredar saat ini ditujukan untuk Windows 32-bit.

Windows 64-bit mempunyai kemampuan lebih dibandingkan dengan windows 32-bit. Sebagai contoh, yang 32-bit biasanya hanya bisa mendeteksi memori tidak lebih dari 3-4GB. Tapi kalo yang 64-bit, bisa mendeteksi memori lebih dari itu. Selain itu, 64-bit dapat memproses data lebih cepat dan performance komputer menjadi lebih baik. Namun, kekurangannya untuk saat ini adalah masih banyak program/aplikasi yg kompatibilitasnya kurang bagus dengan sistem 64-bit. Biasanya yang memakai 64-bit itu adalah para desainer grafis, para editor video dan audio atau komputer yang kesehariannya digunakan untuk merender karena pada umumnya mereka memakai memori lebih dari 4 GB untuk mendukung kinerja aplikasi yg mereka pakai..

Kesimpulannya, mana yg lebih baik antara 32-bit dan 64-bit?. Itu tergantung kebutuhan saja.

Untuk mengetahui apakah Windows yang digunakan adalah 32-bit atau 64-bit, salah satu nya
yaitu dengan melihat informasi di Control Panel - System:

WINDOWS XP:
Klik kanan My Computer pada desktop kemudian pilihProperties, atau dari Control Panel - System. Pada tab General perhatikan pada bagian System, untuk Windows XP 32-bit akan tertulis seperti Microsoft Windows XP Professional,sedang untuk Windows XP 64-bit akan tertulis seperti Microsoft Windows XP Professional x64 Edition. Jadi, untuk Windows XP 64-bit ada tambahan keterangan x64 Edition.
WINDOWS VISTA:
Masuk ke
Control Panel - System dan lihat informasi System Type di bawah System, untuk Windows Vista 32-bit akan tertulis keterangan 32-bit Operating System, sedangkan untuk Windows Vista 64-bit akan tertulis keterangan 64-bit Operating System.

Untuk Windows versi lain, cara yang digunakan pada dasarnya sama yaitu melihat informasi di Control Panel - System.


Sumber: http://www.ramdhan.co.cc/2010/04/perbedaan-windows-32-bit-dan-64-bit_24.html#ixzz0qpALQPjm

0 komentar:

Posting Komentar

please come back later :D

This free script provided by
JavaScript Kit

 
Copyright © technozzzz
Free Website Hosting